Saturday, February 4, 2012

Joran Fly

JORAN FLY (FLY ROD)

Ada sedikit perbedaan fungsi joran biasa dengan Joran fly. Pada dasarnya sebuah joran fly mempunyai dua fungsi :
  1. Kasting (Casting). Sebuah Joran Fly digunakan untuk melontarkan Tali Fly (Fly Line).. Sebuah Joran Fly yang bagus disertai dengan teknik kasting fly yang baik harus mampu menempatkan Tali Fly  dan Umpan Fly di air sedemikian rupa sehingga tidak membuat ikan lari serabutan (spook).
  2. Melakukan Strike, Mengajar (Fighting) dan Mendaratkan Ikan  (Striking & Landing Fish)

Sedangkan umpan fly dan spesies ikan yang diburu sangat bervariasi dalam ukuran dan tidak ada satu Joran yang cocok untuk semua keperluan flyfishing. Sehingga yang menjadi  pertimbangan pertama adalah ukuran Umpan Fly yang seimbang (balance) dengan Joran Fly dan Tali Fly-nya. Joran Fly dan Tali Fly mempunyai ukuran standar AFTM (Association of Fishing Tackle Manufacturer) tertentu. Ukuran  Joran Fly sama dengan ukuran Tali Fly, artinya ukuran Joran Fly #6 selalu seimbang dengan ukuran Tali Fly #6.

Image
Keterangan :
Semakin besar nomor AFTM semakin berat Joran Fly dan Tali Fly-nya.
Semakin besar ukuran kail semakin kecil nomor kailnya, sehingga
Semakin besar nomor kail semakin kecil padanan Joran Fly dan Tali Fly-nya

Tabel AFTM
 Nomor AFTM  grains  gram
 3 100 +/- 6     6.48
 4 120 +/- 6 7.78
 5 140 +/- 6 9.07
 6 160 +/- 8 10.42
 7 185 +/- 8 11.99
 8 210 +/- 8 13.61
 9 240 +/- 10 15.55
 10 280 +/- 10 18.14
 11 330 +/- 12 21.38
 12 380 +/- 12 24.62


Pertimbangan kedua adalah preferensi atau cara kasting yang Anda sukai. Pada ukuran Tali Fly yang sama, aksi dari Joran Fly akan berbeda sesuai dengan panjang jorannya. Sebelum melangkah lebih lanjut, kita bicarakan dulu jenis-jenis Joran Fly yang bisa digolongkan dalam 3 katagori dalam hal aksi lengkungnya :


Slow atau Thorough atau Smooth Progressive Action.
Image
Joran ini melengkung mulai dari pangkal (butt) sampai ke ujungnya (tip). Dengan joran jenis ini kita akan relatif lebih mudah melakukan kasting, lebih mudah untuk “menangkap” feeling-nya dan juga timing (pewaktuan) ayunan joran menjadi kurang kritikal.
Terbebani dengan mudah (load easily) dengan Tali Fly yang pendek (tidak terulur panjang) dan mudah untuk melakukan roll cast.
Kekurangannya adalah joran ini akan membentuk putaran (loop) yang lebih lebar, daya jangkau dan akurasinya juga kurang,
Cocok dipergunakan dari atas perahu, empang dan sungai kecil.

Medium atau Mid atau Parabolic Action.
Pangkal joran jenis ini lebih kaku dari joran jenis Slow Action. Hal ini berarti dengan panjang joran yang sama ukuran Tali Fly–nya lebih besar. Joran Mid Action dapat dikatakan merupakan joran dengan aksi serba bisa. Kalau buatannya bagus, joran ini mempunyai performance tinggi untuk hampir semua jenis kasting dan tetap nyaman untuk mengayun tali fly yang panjang. Timing ayunan menjadi lebih penting, tapi pada joran yang buatannya bagus tidak akan mudah terjadi overload. Ada yang bependapat bahwa joran jenis ini sangat cocok untuk belajar.

Fast atau Tip Action
Joran jenis ini dipakai untuk melakukan kasting yang jauh dan akurasi tinggi bagi pemancing yang sudah terasah timing dan teknik kasting-nya. Sehingga ada yang mengatakan joran jenis ini kurang cocok untuk pemula yang lebih cenderung memakai joran yang dapat dipakai untuk segala jenis kasting. Kecuali bila memang Anda akan hanya memelajari teknik kasting dimana jangkauan lemparan menjadi mutlak, misalnya saltwater fly fishing untuk GT dan Bonefish ..

Telah disinggung di atas bahwa aksi joran dengan panjang tertentu (misalnya 9 feet) masing-masing dengan ukuran #5, #6 dan #7 akan memberikan aksi yang berbeda. Joran #5 akan bersifat Fast Action, Joran #6 akan bersifat Parabolic Action dan Joran #7 akan bersifat Slow Action . Rule of Thumb-nya : panjang joran dibagi 1.5 akan menunjukkan angka (yang dibulatkan) ukuran Tali Fly yang sesuai, untuk menghasilkan aksi multi-guna (general multi-purpose action) yang bagus. Berikut ini tabel kombinasi panjang joran dengan ukuran Tali Fly.dimaksud

 Ratings for a parabolic action fly rod
 Length (feet)67 89 10 11 12 13 14 15 16 17
 Line AFTM number45  56 7 7 89 9 10 1111

Ada catatan dari Alastair Gowans bahwa banyak merk Joran Fly buatan Amerika dibuat dengan ukuran yang lebih kecil dari yang sebenarnya. Sehingga akan terasa lebih ringan dan mengakibatkan lebih sulit untuk dibebani. Hal ini tidak berlaku untuk joran buatan Eropa.

Pertimbangan ketiga, panjang joran harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi mancing. Untuk mancing di empang atau sungai kecil, joran 6- 8 feet akan cukup memadai. Untuk mancing di danau dan sungai besar perlu joran sepanjang 9 – 11 feet.
Adalah salah jika kita mengasumsikan bahwa semakin panjang joran semakin jauh daya lemparnya. Bertambahnya jumlah kolongan akan menambah gesekan dari Tali Fly leverage, juga tenaga yang dikeluarkan akan lebih besar. Joran dengan panjang 9 feet 6” (195 cm) adalah yang terbaik untuk kebanyakan orang. Joran 10 feet ke atas dipergunakan untuk mancing di sungai deras dan lebar, sehingga bisa lebih mengontrol tali fly yang tenggelam (sunk fly line) yang hanyut. Joran parabolic action merupakan joran yang paling efisien untuk melakukan Spey Casting .

Pertimbangan lain
Joran yang ideal tentunya yang terdiri atas sepotong joran dan tidak ada sambungannya. Tapi di jaman dengan transportasi kapal udara ini, sebuah joran yang bisa dipotong-potong sependek mungkin akan menjadi tuntutan. Jadi akan ada trade-off  berupa kelemahan dan diskontinuitas dengan kepraktisan pada sebuah joran yang mempunyai sambungan yang banyak.Gejala diskontinuitas sebuah joran dapat dirasakan dengan cara memegang joran di pangkalnya lalu mengayunkannya ke kanan-kiri.

Dianjurkan agar Anda jangan terburu-buru membeli Joran Fly, coba dulu baru beli….

Material Joran Fly


Graphite
Joran fly yang paling populer saat ini adalah yang terbuat dari bahan Graphite. Ada banyak jenis bahan graphite, sehingga tidak semua Joran graphite berkualitas sama. Bahan artifisial ini selalu berkembang mutunya. Biasanya menjadi semakin ringan untuk kekuatan yang sama. Ringannya Joran fly berbahan graphite ini berbanding terbalik dengan harganya yang semakin berat.

Bambu
Merupakan bahan joran fly yang tertua dan masih diproduksi sampai sekarang. Yang terkenal adalah terbuat dari bambu asal Tonkin. Joran bambu bersifat slow action dan memerlukan perawatan yang lebih teliti dari joran berbahan artifisial lainnya.
Joran terbuat dari bambu merupakan joran yang termahal.

Fiberglas
Merupakan joran yang termurah sekaligus terkuat. Hanya saja lebih berat. Sehingga mulai ditinggalkan orang.


0 comments:

Post a Comment