Saturday, February 4, 2012

Fly Reel

Memilih Fly Reel (Ril Fly)


Ril bukan hanya sekedar tempat penyimpan tali fly. Jika Anda strike ikan besar, joran fly akan membantu Anda mengajar ikan, sedangkan ril fly yang membantu Anda agar tidak terlepas lagi.
Ril fly berkualias tinggi bisa dipakai selamanya, harganya tidak ada yang di bawah USD 200. Ril fly berkualitas baik, tidak akan bertahan selamanya, tapi cukup tahan bertahun-tahun di lapangan dengan memadai dan berharga sedikit di atas USD 100.  Fly ril yang murah bisa berharga di bawah USD 50, cukup baik bila Anda hanya akan memancing ikan-ikan kecil saja.
Suatu hal yang selalu harus diingat adalah bagaimana daya tahan karatnya. Ril fly yang murah sering kali hanya dilapisi oleh coating yang murah sehingga cepat mengelupas,.begitu lapisan ini pupus maka karat akan segera terjadi. Ril fly dengan kualitas yang baik akan tahan terhadap karat dan korosi.
Pertimbangan penting lainnya adalah ketersediaan extra spool. Jika Anda hanya bermaksud untuk menggunakan satu jenis tali fly saja (floating line misalnya) hal ini tidak menjadi masalah. Tapi ada umumnya pemancing fly akan memakai tipe tali fly lainnya berdasarkan kebutuhan cara mancingnya. Sehingga sebuah ril fly yang bisa diganti spoolnya akan menjadi faktor yang penting. Fitur ini biasanya terdapat pada ril fly kelas menengah-atas. Pastikan untuk membeli extra spool bersamaan pada saat Anda membeli ril fly itu, karena ada kemungkinan spool itu tidak akan tersedia lagi jika Anda menunda 1- 2 tahun kemudian.

Retrieve System (Sistem Penggulung)
Walaupun bukan suatu hal yang vital, tapi ada baiknya jika Anda mengenal sedikit tentang sistem ini. Ada ada tiga sistem penggulung :
  1. Yang pertama yang paling populer, adalah penggulung dengan rasio 1 : 1. Artinya satu putaran penggulung akan menarik tali satu putaran juga. Sejauh ini sistem ini memang merupakan sistem yang paling handal dan banyak dipakai.
  2. Yang kedua adalah ril fly yang apabila handle penggulungnya diputar satu kali, rilnya akan berputar 2 kali atau lebih. Jadi memungkinkan kita menggulung dengan lebih cepat. Kelemahannya adalah ril ini berpotensi lebih cepat rusak karena lebih banyaknya bagian yang bergerak.
  3. Yang ketiga adalah sistem penggulung otomatik (elektrik). Cukup dengan menekan satu tombol, maka ril ini akan menggulung secara otomatik. Biasanya berbobot lebih berat dan terbatasnya tali cadangan (backing line) yang bisa digulung di dalamnya

Drag System (Sistem Drag)
Drag adalah istilah untuk mendeskripsikan tahanan (rem) yang diberikan pada ril untuk mencegah ikan menarik tali pancing terlalu cepat. Contohnya, bila Anda strike ikan kuwe 2 kg dan drag-nya diset terlalu rendah, maka sang ikan, akan menarik tali pancing di ril sampai habis. Sebaliknya bila drag disetel terlalu tinggi, maka tali pancing akan putus. Ada dua tipe sistem drag pada ril fly

1.Spring & Pawl Drag 
ImageImage
Dengan meningkatkan atau menurunkan tekanan pada per yang terhubungkan melalui sebuah tuas (pawl) terhadap spool. Perubahan tekanan per dimungkinkan melalui sebuah kenop. Tali akan terulur dengan mulus (smooth), tegangan (tension) yang dihasilkan akan selalu sama. Kelemahannya adalah sistem drag ini tidak didesain untuk ikan besar.

2.Disc Drag
ImageImage

0 comments:

Post a Comment